Stunting Jadi Perhatian Khusus Hj Nurhayati

0

Berita Tasikmalaya, tasik.id- Bakal Calon Walikota Tasikmalaya yang satu-satunya perempuan ini, Hj Nurhayati turun menyapa masyarakat sekaligus memberikan bantuan berupa pemberian makanan tambahan (PMT) untuk bayi, beras, susu UHT dll.

Hal ini dilakukan karena tingginya akan stunting di Kota Tasikmalaya. Nurhayati menuturkan stunting merupakan salah satu faktor yang diperhatikan, hari ini di Kota Tasikmalaya stunting itu 27% artinya dari 100 anak 27 nya stunting.

“Hal ini harus cepat dituntaskan dikarenakan kalau kita ingin membangun sumber daya manusia tentunya kesehatan merupakan faktor yang utama.” Kata Nurhayati seusai kegiatan, sabtu, (21/9/2024).

Pasalnya,anak-anak tidak akan cerdas, berdaya saing, dan mandiri. Sedangkan kalau anak-anak tidak kita tangani hari ini tentunya akan menjadi beban keluarga dan pemerintah.

“Dan yang kami lihat salah satu yang harus ditingkatkan yakni sumber daya manusia. Dimulai dari kesehatan dan pendidikan.” Jelas politisi PPP ini.

Kendati demikian, nak-anak harus sehat karena 30% anak-anak stunting itu dari kesehatan. Tetapi yang 70% itu sanitasi, lingkungan, kebersihan.

“Toilet-toilet yang tidak memiliki septictank, kekumuhan itu terutama banyak sampah dan air yang tidak bersih. Hal ini menyebabkan anak cepat sakit karena kalau lingkungannya tidak sehat.” Terangnya.

Terakhir, salah satu yang harus dikedepankan, serta pembangunan infrastuktur juga penting untuk menurunkan stunting ini.(iqbal)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *